Penyuluhan Imunisasi Campak-Rubella

Desa Dawuhan Ikut Sukseskan Program Nasional Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR)BONDOWOSO, – Secara serempak tingkat nasional, bulan Agustus dan September 2017 ini di seluruh wilayah Indonesia akan dilaksanakan program “Kampanye Imunisasi Measles-Rubela”. Kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) adalah suatu kegiatan imunisasi secara masal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan <15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya. Implementasi atau perwujudan dari program kampanye tersebut yaitu berupa sosialisasi serta pelaksanaan pemberian vaksin Measles atau yang lebih dikenal dengan Campak serta Rubella.

Desa Dawuhan ikut serta dalam mensukseskan program nasional ini. Melalui kegiatan rutin yang ada di Posyandu, petugas kesehatan desa dengan bantuan mahasiswa KKN UMD 36 dari Unej melalukan penyuluhan terhadap warga desa. penyuluhan dilakukan dua kali. Yang pertama dilaksanakan pada hari Selasa, 18 Juli 2017 bertempat di Dusun Selatan Sawah dan kedua pada Rabu, 19 Juli 2017 di Dusun Timur Sawah dan Dusun Krajan.

Penyuluhan Campak-Rubella Desa Dawuhan 18/07
Penyuluhan Campak-Rubella Desa Dawuhan 18/07

Campak-Rubella dikenal juga dengan sebutan campak Jerman. Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk dan bahkan kematian. Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan.

Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus

Pada penyuluhan ini warga akan mengetahui bagaimana bahaya dan cara penyebaran virus dari penyakit ini sehingga warga akan lebih antusias dalam melakukan imunisasi campak-rubella yang akan diadakan pemerintah secara serempak dan gratis pada bulan Agustus – September.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *