Aplikasi pupuk TSM (Tirta Sari Mina) Oleh Mahasiswa KKN UMD 36

Aplikasi pupuk TSM (Tirta Sari Mina) Oleh Mahasiswa KKN UMD 36

aplikasi pupuk

Dawuhan. Kuliah kerja nyata oleh mahasiswa dari Universitas Jember memberi dampak positif bagi masyarakat khususnya masyarakat Desa Dawuhan. Pasalnya meraka membawa hal-hal baru kepada masyarakat sebagai pengetahuan dan pembelajaran untujk menuju hidup yang lebih baik. salah satu contohnya adalah pengaplikasian pupuk organik Tirta Sari Mina atau yang lebih dikenal  TSM.

Pupuk TSM merupakan sebuah produk pupuk yang sudah di produksi massal oleh Universitas Jember. Tujuan pengaplikasian sebenarnya merupakan kegiatan pengenalan pupuk TSM tersebut dan memberikan pengetahuan bahwasanya pupuk organik akan memperbaiki unsur tanah yang menjadi permasalahan utama di Desa Dawuhan Kabupaten Bondowoso.

“kalau di sini dek biasanya tanam padi tiap tahun mencapai empat musim tanam. Akibatnya semakin kebelakang hasil panen tambah turun gara-gara tanahnya sudah jelek” ujar pak Bakar seorang petani Desa Dawuhan.

Pengaplikasian pupuk TSM pada salah satu lahan milik Bapak Bakar yang sedang bercocok tanam akan digunakan sebagai contoh bagi masyarakat atau petani lainnya agar lebih tertarik lagi menggunakan pupuk organik khususnya pupuk TSM. KKN UMD 36 sebagai pelopor yang memperkenalkan pupuk TSM ikut membantu dalam pengaplikasian pupuk TSM di lahan Bapak Bakar pada tanggal 20. Hal tersebut diharapkan dapat memotivasi petani agar menggunakan pupuk organik kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *