Pengangkatan Potensi Desa Dawuhan Oleh Kelompok KKN UMD 36.

Pengangkatan Potensi Desa Dawuhan Oleh Kelompok KKN UMD 36.

dadar gulung

Dawuhan. Kelompok KKN UMD 36 merupakan kelompok yang dikirim oleh Universitas Jember dengan membawa program sistem administrasi dan informasi desa atau SAID yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bondowoso serta program OVOP atau One Vilage One Product. Tahap kerja mahasiswa KKN untuk minggu pertama adalah kegiatan observasi dimana untuk mengetahui potensi dan permasalahan di Desa Dawuhan yang dapat digunakan sebagai data untuk mengangkat potensi yang bisa dikembangkan.

Kegiatan observasi yang dilakukan selama seminggu menghasilkan data-data yang digunakan sebagai bahan penyusunan program kerja yang akan dilaksanakan selama 45 hari di Desa Dawuhan oleh mahasiswa KKN UMD 36.

Potensi-potensi desa akan diselaraskan dengan program Pemerintah Kabupaten Bondowoso dan Program yang dibawa oleh mahasiswa KKN. Potensi-potensi yang diperoleh adalah usaha-usaha kecil menengah yang dijalankan oleh masyarakat Desa Dawuhan yaitu berupa kerajinan bumerang dan tempat botol, pembuatan kue kucur, pembuatan alat cetak kue, produksi tempe, dan kegiatan produksi kerupuk. Selain itu potensi dunia pertanian dan potensi lahan yang digunakan sebagai media edukasi pembelajaran bagi anak-anak untuk lebih mengenal tanaman yang sudah mulai jarang kita jumpai.

Potensi tersebut akan dikembangkan agar lebih meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Desa Dawuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *