BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) SYARI’AH DI DESA DAWUHAN

Maraknya kegiatan ekonomi syariah mengundang perhatian banyak institusi terkait untuk mendefinisikan apa yang dimaksud dengan ekonomi syariah. Sebenarnya tidak terlepas dari perbedaan antara ekonomi pembangunan konvesnional dan ekonomi pembangunan syariah, namun keuntungan 2,5% yang didapat dari BUMDes Syari’ah akan dizakatkan kepada rakyat miskin yang berada didesa Dawuhan. Terdapat 3 UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang termasuk dalam BUMDes Syari’ah, yaitu:

  1. RAMOR (Rambak Organik)

Rambak adalah kerupuk yang terbuat dari kulit sapi. Namun, didesa Dawuhan terdapat produk kerupuk rambak yang berbeda dari lainnya. Namanya “RAMOR” atau kepanjangan dari Rambak Organik yang diproduksi oleh Pak Mulyadi terbuat dari kulit asli dan tanpa bahan kimia, maka dari itu Rambak Organik ini tidak akan serat jika dimakan, hal ini berbeda dengan rambak lainnya yang biasanya membuat serat ditenggorakan. Selain rasanya gurih dan bikin nagih, bentuk Rambak Organik juga berbeda yang biasanya kerupuk rambak pada umumnya berbentuk memanjang namun Rambak Organik ini berbentuk persegi atau kotak. Rambak Organik desa Dawuhan dijual dalam bentuk mentah dan kemasan.

 

  1. Telur Asin

Telur asin Dawuhan diproduksi oleh  Bapak Samsul, memiliki 3 varian rasa yaitu telur asin masir, setengah masir dan sangat masir. Cara produksi telur asin Dawuhan yang berbeda dari daerah lainnya, hal ini menyebabkan cita rasa yang berbeda dan khas. Bahan utama pembuatan telur asin Dawuhan yaitu telur Bebek, dimana telur yang digunakan hanya berasal dari Bebek yang diternakkan secara digembalakan, hal ini akan meningkatkan kualitas produk telur asin yaitu semakin tahan lama.

 

 

 

  1. Aneka Kue Basah & Roti

Kue basah bu Soviah, pengusaha kue basah yang telah banyak dikenal masyarakat Dawuhan dan masyarakat Tenggarang Bondowoso. Usaha kue basah Bu Soviah telah memiliki banyak pesanan mulai dari kue tradisional seperti kucur, apem, kue thok, lemper, wajik, nagasari, bikang dsb. Kue Modern diantaranya yaitu Karamel, Cake, Brownies, roti ulang tahun/pesta dsb. Kue yang diproduksi memiliki cita rasa yang khas dan bentuk yang manarik sehingga disukai oleh konsumen. Bahan-bahan pembuatan kue basah tanpa menggunakan bahan kimia seperti pemanis buatan, sehingga aman bagi konsumen. Harga kue basah yang diperjualkan memiliki harga yang terjangkau dan dengan rasa yang tidak kalah dnegan produsen kue basah lainnya.