Selayang Pandang Dawuhan

Dawuhan merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso Provinsi Jawa Timur dengan luas wilayah sekitar 143,674 Ha. Dengan ketinggian tanah ± 346 mdpl. Curah hujan antara sebesar 1000-2000 mm per tahun. Jarak desa Dawuhan dari Pusat Pemerintahan Kecamatan adalah 2,0 km, sedangkan jarak dari Ibukota Kabupaten adalah 2,80 km.

Desa Dawuhan terdiri atas 4 Dusun yaitu Dusun Krajan, Dusun Dawuhan Batu, Dusun Timur Sawah dan Dusun Selatan Sawah. Desa Dawuhan di pimpin oleh Kepala Desa yang bernama Bapak Khofidal Ahkam Fathollah, S.H sejak tahun 2015.

Desa Dawuhan memiliki kultur sosial yang baik dimana kehidupan masyarakat di desa ini sangat rukun, saling membantu, dan saling bergotong royong dalam segala kegiatan desa seperti kerja bakti, sholawatan, acara syukuran, acara kawinan dan lain sebagainya.

Sejarah Desa Dawuhan

Menurut sumber cerita dari beberapa tokoh masyarakat Desa Dawuhan, Desa ini terbentuk sekitar tahun 1700-an. Pada Jaman Kerajaan Majapahit ada seorang pengembara yang berasal dari Pulau Madura. Orang tersebut bernama Bujuk Jidur yang membabat hutan dan saat ini bernama Grujugan.

Seiring perkembangan jaman daerah hutan yang di babat oleh Bujuk Jidur tesebut banyak di datangi oleh para pendatang dari luar daerah yang kebetulan orang-orang tersebut berprofesi sebagai Guru Ngaji. Terbentuknya nama Dawuhan di latar belakangi oleh sebuah kisah ketika ada seseorang yang berniat untuk mencari ketenangan hidup yang bermanfaat. Kemudian orang tersebut menuju daerah kami untuk meminta petunjuk yang dalam bahasa Madura disebut DEBU, sehingga di berilah nama DEBUEN yang dalam bahasa Indonesia disebut DAWUHAN.

DEMOGRAFIS DESA

    1. Pendidikan
    Tingkat kesadaran akan pendidikan masyarakat di Desa Dawuhan tergolong masih rendah, dikarenakan lulusan paling banyak adalah tingkat sekolah dasar, yaitu sebanyak 1135 orang. Sangat sedikit masyarakat yang melanjutkan Pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, baik itu D3 maupun S1.

    No Pendidikan Jumlah
    1. Lulusan S1 keatas 49
    2. Lulusan SLTA 682
    3. Lulusan SMP 379
    4. Lulusan SD 1135
    5 Tidak tamat SD 42

    2. Penduduk
    Desa Dawuhan memiliki jumlah penduduk sebanyak 2492 jiwa yang terbagi dalam 4 dusun yaitu Timur Sawah, Selatan Sawah, Krajan dan Dawuhan Batu. Topografi desa yang menyebar dengan adanya dataran yang tidak merata menyebabkan secara administratif beberapa masyarakat sulit untuk mengakses pelayanan desa

    <3. Mata Pencaharian

    Secara umum mata pencaharian utama masyarakat Desa Dawuhan adalah petani. Mata pencaharian lain penduduk antara lain Pegawai Negeri Sipil (PNS), pengrajin industri rumah tangga (PIRT), pengusaha mikro kecil dan menengah (UMKM), karyawan pegawai swasta, tukang tambang pasir.

PROFIL SDGs DESA

1.PILAR PEMBANGUNAN SOSIAL

    a. Pertanian
    Potensi utama desa Dawuhan adalah pertanian. Sebagian besar mata pencaharian masyarakat Desa Dawuhan adalah petani, hal tersebut didukung dengan area persawahan yang cukup luas, yaitu: 120,714 Ha. Lahan pertanian yang terdapat di Desa Dawuhan merupakan lahan milik sendiri, sehingga dalam proses budidaya dilakukan sendiri oleh masyarakat desa. Komoditas utama yang biasa dibudidayakan yaitu padi dan cabai.

    b. Perkebunan
    Desa Dawuhan memiliki potensi di bidang perkebunan. Meskipun lahan perkebunan masih relatif sempit, namun berpotensi untuk dikembangkan. Komoditas perkebunan yang terdapat di Desa Dawuhan yaitu Tebu dan Buah Naga.

c. Pertambangan
Pertambangan merupakan salah satu mata pencaharian masyarakat Desa Dawuhan. Salah satu pertambangan yang dilakukan adalah tambang pasir pasang. Total tambang pasir pasang di Desa Dawuhan mencapai 100 m3

    2. PILAR PEMBANGUNAN EKONOMI

    a. Sarana Prasarana Desa
    Jalan
    Prasarana Desa Dawuhan yakni jalan tergolong memadai mengingat  kondisi jalan dengan permukaan aspal hotmix sehingga dapat dilalui oleh roda 2 maupun roda 4 dengan mudah. Panjang jalan yang melintasi desa ini adalah 5,1km meskipun luas jalan yang ada tidak terlalu lebar. Selain itu akses menuju Desa Dawuhan dapat dikatakan mudah dan tersedia akses jalan menuju desa lain yaitu Gebang, Tangsil Kulon, Lojajar dan Pakalangan.

    Jembatan
    Desa Dawuhan sendiri memiliki 4 buah jembatan sebagai sarana penyebrangan mengingat Desa Dawuhan ada sebuah sungai yang melintas sepanjang desa.
    Saluran Irigasi
    Sungai di Desa Dawuhan merupakan sumber irigasi utama mengingat potensi utama di desa ini adalah pertanian. Sungai tersebut dimanfaatkan sebagai sumber pengairan utama yang didukung adanya Duiker berjumlah 5 unit yang mengalirkan aliran sungai ke area persawahan warga.
    Listrik
    Prasarana listrik di Desa Dawuhan cukup memadai karena hampir semua rumah penduduk di aliri oleh listrik, hanya sebagian kecil saja yang belum.
    3. PILAR PEMBANGUNAN LINGKUNGAN
    a. Ketersediaan Air Bersih
    Kebutuhan akan air bersih merupakan hal yang paling utama untuk kelangsungan hidup. Di bangunnya beberapa MCK diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Desa Dawuhan.
    b. Pemukiman Warga
    Kebutuhan akan air bersih merupakan hal yang paling utama untuk kelangsungan hidup. Di bangunnya beberapa MCK diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Desa Dawuhan.